Categories

16. Jika diameter lingkaran adalah 14 cm, berapakah panjang kelilingnya?

16. Jika diameter lingkaran adalah 14 cm, berapakah panjang kelilingnya?

Jika diameter lingkaran adalah 14 cm, maka panjang kelilingnya dapat dihitung dengan rumus keliling lingkaran yaitu 3,14 dikali diameter. Dalam hal ini, diameter adalah 14 cm, sehingga panjang keliling lingkaran adalah 3,14 x 14 = 43,96 cm.

Penjelasan dan Jawaban

Untuk menghitung keliling lingkaran, kita menggunakan rumus keliling lingkaran yaitu 2πr. Namun, karena yang sudah diketahui adalah diameter, kita harus mengubahnya menjadi jari-jari terlebih dahulu. Jari-jari (r) dapat diperoleh dengan membagi diameter (d) dengan 2. Berdasarkan pertanyaan, diameter lingkaran adalah 14 cm, jadi jari-jari lingkaran adalah 14/2 = 7 cm.

Selanjutnya, kita bisa mencari keliling lingkaran dengan menggunakan rumus keliling lingkaran yaitu 2πr. Menggantikan nilai jari-jari (r) dengan 7 cm, kita dapat menghitung:

Keliling = 2π(7) = 2 x 3.14 x 7 = 43.96 cm

Kesimpulan

Untuk lingkaran dengan diameter 14 cm, panjang kelilingnya adalah 43.96 cm. Dalam matematika, rumus keliling lingkaran adalah 2πr, di mana r adalah jari-jari lingkaran yang dapat diperoleh dengan membagi diameter lingkaran dengan 2. Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat dengan mudah menghitung panjang keliling lingkaran dengan memasukkan nilai jari-jari yang telah diketahui.