Categories

Apa itu keterangan dalam suatu kalimat?

Apa itu keterangan dalam suatu kalimat?

Keterangan dalam suatu kalimat adalah informasi tambahan yang memberikan detail atau menjelaskan lebih lanjut tentang subjek kalimat. Keterangan berfungsi untuk memberikan waktu, tempat, cara, alasan, dan banyak lagi. Dengan adanya keterangan, kalimat menjadi lebih lengkap dan jelas dalam menyampaikan pesan.

Penjelasan dan Jawaban

Keterangan dalam suatu kalimat adalah bagian dari kalimat yang memberikan informasi tambahan tentang kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya. Keterangan digunakan untuk menjelaskan waktu, tempat, cara, sebab, tujuan, atau kondisi dari suatu perbuatan atau keadaan. Dalam bahasa Indonesia, keterangan bisa berupa kata atau frasa yang ditempatkan sebelum atau sesudah kata yang dijelaskan.

Contoh-contoh keterangan dalam kalimat:

  • Kita makan di rumah. (keterangan tempat)
  • Tono berlari dengan cepat. (keterangan cara)
  • Adik tidur sore tadi. (keterangan waktu)
  • Kucing menyanyi dengan riang. (keterangan sebab)

Kesimpulan

Dalam suatu kalimat, keterangan memberikan informasi tambahan tentang kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya. Keterangan ini dapat menyampaikan detail tentang waktu, tempat, cara, sebab, tujuan, atau kondisi dalam kalimat. Keterampilan dalam menggunakan keterangan penting dalam memperkaya pemahaman dan kejelasan komunikasi dalam bahasa Indonesia.