Categories

Apa itu kata kerja transitif dan kata kerja intransitif? Berikan contohnya!

Apa itu kata kerja transitif dan kata kerja intransitif? Berikan contohnya!

Apa itu kata kerja transitif dan kata kerja intransitif? Kata kerja transitif adalah kata kerja yang membutuhkan objek dalam kalimat untuk melengkapi maknanya. Contohnya, “Dia membaca buku.” Sedangkan, kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek. Contohnya, “Dia tidur.”

Penjelasan dan Jawaban

Kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek sebagai pelengkap untuk melengkapi makna dari kata kerja tersebut. Objek dalam kalimat transitif menerima pengaruh dari kata kerja tersebut. Contohnya adalah:

  • Meja itu dibersihkan oleh ibu. (Kata kerja transitif: dibersihkan, objek: meja)
  • Anak-anak membaca buku-buku cerita. (Kata kerja transitif: membaca, objek: buku-buku cerita)
  • Ayah memasak makanan enak. (Kata kerja transitif: memasak, objek: makanan enak)

Sementara itu, kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek sebagai pelengkap. Kata kerja intransitif biasanya sudah memiliki makna yang lengkap tanpa objek. Contohnya adalah:

  • Dia tidur di kamar tidur. (Kata kerja intransitif: tidur)
  • Anak-anak berlarian di taman. (Kata kerja intransitif: berlarian)
  • Bayi menangis keras. (Kata kerja intransitif: menangis)

Kesimpulan

Kata kerja transitif adalah kata kerja yang membutuhkan objek sebagai pelengkapnya, sementara kata kerja intransitif tidak memerlukan objek. Dalam kalimat transitif, objek menerima pengaruh dari kata kerja, sedangkan dalam kalimat intransitif, objek tidak ada atau tidak diperlukan.

Penting untuk memahami perbedaan antara kata kerja transitif dan intransitif agar dapat menggambarkan dan menjelaskan tindakan atau kegiatan dengan lebih akurat dalam bahasa Indonesia.