Categories

Apa yang dimaksud dengan kata majemuk setara? Berikan contoh kata majemuk setara!

Apa yang dimaksud dengan kata majemuk setara? Berikan contoh kata majemuk setara!

Apa yang dimaksud dengan kata majemuk setara? Majemuk setara adalah kategori kata majemuk yang terdiri dari dua kata yang memiliki bobot yang sama pentingnya dalam mengekspresikan makna. Sebagai contoh, “makanan” dalam kata majemuk setara berarti “makan” dan “an”.

Penjelasan dan Jawaban

Majemuk setara adalah sebuah istilah dalam bahasa Indonesia yang mengacu pada gabungan dua kata yang memiliki bobot makna yang setara. Kata majemuk setara terbentuk dari penjajaran kata dasar atau kata yang bernilai setara. Pada kata majemuk setara, kedua kata tersebut memiliki peranan yang sama dan memiliki bobot makna yang setara.

Contoh kata majemuk setara adalah “rumah sakit”. Pada kata ini, kata “rumah” dan “sakit” dijadikan satu dengan melalui tanda hubung (-) yang disebut dengan tanda penghubung (tanda hubungan). Kedua kata tersebut memiliki bobot makna yang setara dan memiliki peranan yang sama. Sehingga, “rumah sakit” merujuk pada tempat yang digunakan untuk melakukan perawatan orang-orang yang sedang sakit.

Kesimpulan

Dalam bahasa Indonesia, kata majemuk setara mengacu pada gabungan dua kata yang memiliki bobot makna yang setara. Contoh kata majemuk setara adalah “rumah sakit”. Pemahaman mengenai kata majemuk setara penting dalam memahami makna suatu frasa atau kalimat dalam Bahasa