Categories

Apa pengertian silinder?

Apa pengertian silinder?

Silinder adalah suatu benda tiga dimensi yang terbentuk dari dua lingkaran sama besar yang terletak pada bidang paralel, dan sisi lengkung yang menghubungkan kedua lingkaran tersebut.

Penjelasan dan Jawaban

Silinder adalah sebuah bangun ruang yang terdiri dari dua lingkaran paralel yang sama ukuran dan bentuk yang dihubungkan oleh sebuah permnukaan lengkung yang disebut selimut. Silinder terdiri dari dua jenis yaitu silinder tegak dan silinder miring.

Untuk mendapatkan pengertian yang lebih jelas, kita bisa melihat contoh benda-benda di sekitar kita yang berbentuk silinder. Misalnya, botol minuman, tong minyak, atau kendi air. Semua benda tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan silinder.

Untuk menghitung luas permukaan silinder, kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Luas Permukaan Silinder = 2Ï€r(r+t)

Dimana:

  • Ï€ adalah konstanta yang memiliki nilai tetap yaitu 3,14
  • r adalah jari-jari lingkaran dasar
  • t adalah tinggi silinder

Kesimpulan

Dengan demikian, pengertian silinder adalah bangun ruang yang terdiri dari dua lingkaran paralel yang dihubungkan oleh permukaan lengkung yang disebut selimut. Silinder dapat ditemui dalam benda-benda sehari-hari seperti botol, tong, atau kendi air. Untuk menghitung luas permukaan silinder, digunakan rumus luas permukaan silinder.