Categories

Apa yang dimaksud dengan kata ulang? Berikan contohnya!

Apa yang dimaksud dengan kata ulang? Berikan contohnya!

Apa yang dimaksud dengan kata ulang? Kata ulang, atau dalam bahasa lain dikenal dengan istilah reduplikasi, adalah sebuah proses pembentukan kata baru dengan menggandakan kata dasarnya. Contohnya, dalam bahasa Indonesia, kata “makan” dapat diperbanyak menjadi “memakan” atau “makan-makan”.

Penjelasan dan Jawaban

Kata ulang adalah proses mengulang kembali kata dalam suatu kalimat untuk memberikan penekanan pada makna yang sama. Kata ulang biasanya digunakan untuk memperjelas atau menguatkan sebuah pernyataan. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Kucing itu sangat kecil sekali.
  • Buah-buahan di pasar terlihat segar-segar.
  • Suara kucing itu nyaring sekali.
  • Anak itu belajar dengan sungguh-sungguh.

Kesimpulan

Dalam bahasa Indonesia, kata ulang digunakan untuk menekankan suatu makna dalam suatu kalimat. Proses pengulangan kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, sastra, dan penulisan formal. Kata ulang juga dapat memperkaya kosakata dan memberikan variasi dalam penyampaian pikiran.

Penggunaan kata ulang dapat membuat kalimat menjadi lebih hidup dan efektif. Dengan menggunakan kata ulang, pembicaraan atau tulisan akan terdengar lebih menarik dan memberikan kesan yang lebih kuat pada pendengar atau pembaca.