Categories

Apa itu kecepatan rata-rata dan bagaimana cara menghitungnya?

Apa itu kecepatan rata-rata dan bagaimana cara menghitungnya?

Apa itu kecepatan rata-rata? Kecepatan rata-rata merupakan ukuran penghitungan pergerakan suatu objek dalam suatu jarak dan waktu tertentu. Untuk menghitungnya, Anda dapat menggunakan rumus sederhana yaitu membagi jarak tempuh dengan waktu yang dibutuhkan. Simak ulasan lengkapnya.

Penjelasan dan Jawaban

Kecepatan rata-rata adalah besaran fisika yang menggambarkan perubahan posisi suatu objek dalam satuan waktu tertentu. Untuk menghitung kecepatan rata-rata, kita perlu membagi perubahan posisi (jarak tempuh) dengan waktu yang diperlukan untuk mencapai perubahan tersebut. Rumus umum untuk menghitung kecepatan rata-rata adalah:

Kecepatan rata-rata (v) = Jarak tempuh (s) / Waktu tempuh (t)

Misalkan contohnya, jika seorang siswa berlari sejauh 100 meter dalam waktu 10 detik, maka kecepatan rata-ratanya adalah:

Kecepatan rata-rata (v) = 100 meter / 10 detik = 10 meter/detik

Kesimpulan

Kecepatan rata-rata menggambarkan seberapa cepat suatu objek berpindah posisi dalam satuan waktu tertentu. Untuk menghitungnya, kita perlu membagi jarak tempuh dengan waktu tempuh. Semakin tinggi nilai kecepatan rata-rata, semakin cepat objek tersebut berpindah posisi. Sedangkan semakin rendah nilai kecepatan rata-rata, objek tersebut berpindah posisi dengan lebih lambat.