Categories

Apa yang dimaksud dengan poligon dan bagaimana menghitung jumlah sudut dalam suatu poligon?

Apa yang dimaksud dengan poligon dan bagaimana menghitung jumlah sudut dalam suatu poligon?

Poligon adalah sebuah bangun datar yang memiliki sisi-sisi lurus dan terdiri dari beberapa sudut. Untuk menghitung jumlah sudut dalam suatu poligon, dapat menggunakan rumus sederhana yaitu jumlah sudut = (n – 2) × 180 derajat, dimana n adalah jumlah sisi poligon tersebut. Mari kita simak lebih lanjut penjelasan tentang poligon dan cara menghitung sudutnya!

Penjelasan dan Jawaban

Poligon merupakan bangun datar yang terdiri dari sisi-sisi lurus yang dihubungkan oleh titik-titik sudut. Sisi-sisi poligon dapat berbeda panjang dan sudut-sudut di setiap sudutnya juga dapat berbeda. Contoh poligon umum yang kita kenal adalah segitiga, persegi, dan segi banyak lainnya.

Untuk menghitung jumlah sudut dalam suatu poligon, kita dapat menggunakan rumus umum yaitu (n – 2) x 180 derajat, dimana n merupakan jumlah sisi atau sudut pada poligon tersebut. Dalam rumus ini, dikurangi 2 karena setiap poligon memiliki dua sudut yang bersinggungan dengan masing-masing sisinya.

Contoh penggunaan rumus ini adalah jika kita memiliki segitiga, maka jumlah sudutnya dapat dihitung menggunakan rumus (3 – 2) x 180 = 180 derajat. Sedangkan jika kita memiliki persegi, jumlah sudutnya dapat dihitung dengan rumus (4 – 2) x 180 = 360 derajat.

Untuk poligon dengan sudut lebih dari 180 derajat, kita dapat menggunakan rumus yang sama. Misalnya, jika poligon memiliki sudut 120 derajat, maka jumlah sudutnya dapat dihitung dengan (n – 2) x 180 = (1 – 2) x 180 = -180 derajat. Hasil negatif menunjukkan bahwa poligon tersebut adalah poligon cekung.

Kesimpulan

Poligon adalah bangun datar dengan sisi-sisi lurus yang dihubungkan oleh sudut-sudut. Jumlah sudut dalam suatu poligon dapat dihitung menggunakan rumus (n – 2) x 180 derajat, dimana n merupakan jumlah sisi atau sudut pada poligon tersebut. Rumus ini berlaku untuk poligon dengan sudut lebih dari 180 derajat, yang menandakan poligon tersebut adalah poligon cekung.