Categories

12. Apa itu barisan geometri?

12. Apa itu barisan geometri?

Barisan geometri adalah sebuah deret bilangan yang setiap suku selanjutnya diperoleh dengan mengalikan suku sebelumnya dengan suatu bilangan tetap yang disebut rasio. Rasio ini menentukan pola pertumbuhan suku-suku dalam barisan. Dengan begitu, barisan geometri memiliki pola pertumbuhan yang eksponensial.

Penjelasan dan Jawaban

Barisan geometri adalah salah satu jenis barisan bilangan dalam matematika. Dalam barisan geometri, setiap suku dihasilkan dengan mengalikan suku sebelumnya dengan suatu bilangan tetap yang disebut rasio. Dengan kata lain, bilangan-bilangan dalam barisan geometri membentuk suatu pola perkalian.

Sebagai contoh, dalam barisan geometri dengan suku pertama (a) dan rasio (r), suku kedua (a2) diperoleh dengan mengalikan suku pertama dengan rasio (a * r). Suku ketiga (a3) diperoleh dengan mengalikan suku kedua dengan rasio (a2 * r), dan seterusnya.

Barisan geometri juga bisa ditulis dalam bentuk rumus umum. Rumus umumnya adalah:
an = a * r(n-1)
Di mana an adalah suku ke-n, a adalah suku pertama, r adalah rasio, dan n adalah urutan suku yang diinginkan dalam barisan.

Kesimpulan

Barisan geometri adalah suatu pola bilangan dimana setiap suku dihasilkan dengan mengalikan suku sebelumnya dengan bilangan tetap yang disebut rasio. Pola perkalian ini bisa dituliskan dalam rumus umum an = a * r(n-1).