Categories

Apa pengertian dari faktor persekutuan terbesar?

Apa pengertian dari faktor persekutuan terbesar?

Pengertian faktor persekutuan terbesar dapat dijelaskan sebagai elemen atau variabel yang mempengaruhi dengan signifikan terhadap hasil atau keputusan suatu permasalahan. Faktor ini memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu usaha atau proyek.

Penjelasan dan Jawaban

Faktor persekutuan terbesar adalah faktor yang paling besar yang dapat membagi habis dua atau lebih bilangan. Dalam matematika, faktor persekutuan terbesar sering disingkat dengan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar).

Cara mencari FPB dari dua bilangan adalah dengan mengidentifikasi faktor-faktor dari masing-masing bilangan, lalu mencari faktor yang sama pada kedua bilangan dan memilih yang terbesar sebagai FPB-nya. Contoh:

  • Bilangan 12 memiliki faktor-faktor: 1, 2, 3, 4, 6, 12
  • Bilangan 18 memiliki faktor-faktor: 1, 2, 3, 6, 9, 18

Faktor persekutuan terbesar dari 12 dan 18 adalah 6, karena 6 adalah faktor yang terbesar dan dapat membagi habis kedua bilangan tersebut.

Kesimpulan

Faktor persekutuan terbesar adalah faktor paling besar yang dapat membagi habis dua atau lebih bilangan. Cara mencari FPB adalah dengan mencari faktor-faktor dari masing-masing bilangan dan memilih faktor yang sama yang terbesar sebagai FPB-nya.