Categories

Apa itu kata turunan?

Apa itu kata turunan?

Kata turunan adalah kata yang berasal dari kata dasar dengan mengalami perubahan dalam bentuk maupun makna. Biasanya, kata turunan dibentuk dengan menambahkan akhiran, awalan, atau awalan dan akhiran pada kata dasar. Pemahaman tentang kata turunan sangat penting dalam memahami struktur bahasa Indonesia secara lebih mendalam.

Penjelasan dan Jawaban

Kata turunan adalah kata-kata baru yang dibentuk dari kata dasar dengan menambahkan imbuhan. Imbuhan ini bisa berupa awalan (prefiks) yang diletakkan di depan kata dasar, akhiran (sufiks) yang diletakkan di akhir kata dasar, atau sisipan (infiks) yang diletakkan di tengah kata dasar.

Contohnya, kata dasar “ajar” dapat dijadikan kata turunan dengan menambahkan imbuhan seperti “belajar” (penambahan awalan “be-“), “mengajar” (penambahan awalan “me-“), “pengajaran” (penambahan awalan “peng-“), atau “pembelajaran” (penambahan awalan “pem-” dan akhiran “-an”).

Begitu pula dengan kata dasar lainnya, imbuhan yang ditambahkan pada kata dasar akan menghasilkan kata turunan yang memiliki makna baru namun masih terkait dengan makna asli dari kata dasar tersebut.

Kesimpulan

Dalam bahasa Indonesia, kata turunan ditambahkan dengan imbuhan baik berupa awalan, akhiran, ataupun sisipan pada kata dasar. Hal ini dilakukan untuk membentuk kata-kata baru yang memiliki makna baru namun masih terkait dengan makna asli dari kata dasar tersebut.

Proses pembentukan kata turunan ini sangat penting dalam memperkaya kosakata bahasa Indonesia.