Categories

Jika suatu segitiga sama kaki memiliki panjang sisi sama sebesar 5 cm, dan panjang sisi panjang adalah 7 cm, berapakah kelilingnya?

Jika suatu segitiga sama kaki memiliki panjang sisi sama sebesar 5 cm, dan panjang sisi panjang adalah 7 cm, berapakah kelilingnya?

Jika suatu segitiga sama kaki memiliki panjang sisi sama sebesar 5 cm dan panjang sisi panjang adalah 7 cm, berapakah kelilingnya?

Penjelasan dan Jawaban

Segitiga sama kaki memiliki dua sisi yang panjangnya sama. Dalam kasus ini, panjang sisi sama dari segitiga adalah 5 cm. Sisi panjang segitiga adalah sisi yang panjangnya tidak sama dengan sisi lainnya. Dalam kasus ini, panjang sisi panjang adalah 7 cm. Untuk mencari keliling segitiga, kita perlu mengetahui panjang semua sisinya.

Dalam segitiga sama kaki, dikenal juga sisi alas yang merupakan sisi yang berbeda dengan dua sisi lainnya. Untuk mencari panjang sisi alas, kita dapat menggunakan rumus Pythagoras, karena segitiga tersebut juga merupakan segitiga siku-siku. Dengan menggunakan rumus Pythagoras, kita dapat mencari panjang sisi alas:

sisi alas2 = sisi panjang2 – (setengah sisi sama)2
sisi alas2 = 72 – (5/2)2
sisi alas2 = 49 – 6.25
sisi alas2 = 42.75
sisi alas ≈ √(42.75)
sisi alas ≈ 6.53 cm (pembulatan 2 angka di belakang koma)

Dengan mengetahui panjang semua sisinya, kita dapat menghitung keliling segitiga sama kaki menggunakan rumus:

keliling = sisi sama + sisi sama + sisi alas
keliling = 5 + 5 + 6.53
keliling ≈ 16.53 cm (pembulatan 2 angka di belakang koma)

Kesimpulan

Dalam segitiga sama kaki dengan panjang sisi sama sebesar 5 cm dan panjang sisi panjang sebesar 7 cm, kelilingnya adalah sekitar 16.53 cm.

Sebagai kesimpulan, panjang sisi segitiga sama kaki dapat ditentukan dengan menggunakan rumus Pythagoras dan kelilingnya dapat dihitung dengan menambahkan panjang semua sisinya.