Categories

Apa beda antara kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa Indonesia?

Apa beda antara kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa Indonesia?

Apakah Anda pernah bingung dengan perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa Indonesia? Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas definisi serta karakteristik dari kedua jenis kalimat tersebut. Mari kita cari tahu lebih lanjut!

Penjelasan dan Jawaban

Dalam bahasa Indonesia, terdapat dua jenis kalimat yang umum digunakan, yaitu kalimat aktif dan kalimat pasif. Perbedaan antara kedua tipe kalimat ini terletak pada pihak yang melakukan tindakan dalam kalimat tersebut.

Kalimat Aktif

Kalimat aktif adalah kalimat di mana subjeknya melakukan tindakan kepada objek. Biasanya, subjek kalimat aktif ditempatkan di awal kalimat dan objek diikuti oleh predikatnya.

Contoh kalimat aktif:

  • Maria membersihkan rumah. (subjek: Maria, objek: rumah)
  • Ana memotong buah-buahan. (subjek: Ana, objek: buah-buahan)
  • Saya membuka jendela. (subjek: saya, objek: jendela)

Kalimat Pasif

Kalimat pasif adalah kalimat di mana objek menerima tindakan dari subjek. Biasanya, objek kalimat pasif ditempatkan di awal kalimat dan subjek diikuti oleh predikatnya.

Contoh kalimat pasif:

  • Rumah dibersihkan oleh Maria. (subjek: Maria, objek: rumah)
  • Buah-buahan dipotong oleh Ana. (subjek: Ana, objek: buah-buahan)
  • Jendela dibuka oleh saya. (subjek: saya, objek: jendela)

Kesimpulan

Dalam kalimat aktif, subjek melakukan tindakan kepada objek. Sedangkan dalam kalimat pasif, objek menerima tindakan dari subjek. Penempatan subjek dan objek dalam kedua jenis kalimat ini berbeda.

Memahami perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif penting untuk mengungkapkan informasi dengan jelas dan tepat dalam bahasa Indonesia.