Categories

Apa yang menjadi tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia?

Apa yang menjadi tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia?

Apa yang menjadi tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia? Artikel ini akan menjelaskan tujuan Indonesia dalam mewujudkan persatuan, keadilan, dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Penjelasan dan Jawaban

Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah untuk mewujudkan kehidupan bermartabat, adil, dan makmur bagi seluruh rakyat Indonesia. Tujuan ini tergambar dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang menyebutkan bahwa negara Indonesia berfungsi sebagai wadah yang adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia, serta sebagai penjelmaan cita-cita perjuangan bangsa selama berabad-abad.

Tujuan NKRI juga mencakup beberapa aspek penting seperti menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjamin kebebasan beragama dan berkeyakinan, melindungi hak asasi manusia, melindungi kepentingan bangsa dan negara, serta mewujudkan kedaulatan rakyat dalam bentuk pemerintahan yang demokratis.

Negara Kesatuan Republik Indonesia juga bertujuan untuk mencapai kemajuan ekonomi, sosial, dan budaya yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini tercermin dalam Pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa negara Indonesia berusaha mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat.

Kesimpulan

Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah untuk mewujudkan kehidupan bermartabat, adil, dan makmur bagi seluruh rakyat Indonesia. Tujuan tersebut mencakup menjaga keutuhan wilayah, melindungi hak asasi manusia, mengamankan kepentingan bangsa dan negara, serta mencapai kemajuan ekonomi, sosial, dan budaya yang merata.

Tujuan ini menjadi landasan bagi negara Indonesia dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai negara sehingga dapat memberikan kehidupan yang lebih baik bagi setiap warga negara. Selaras dengan tujuan tersebut, setiap warga negara juga memiliki tanggung jawab untuk ikut serta dalam mewujudkan tujuan-tujuan NKRI demi kemajuan bangsa Indonesia.