Categories

Apa yang dimaksud dengan pembelahan sel pada manusia?

Apa yang dimaksud dengan pembelahan sel pada manusia?

Pembelahan sel adalah proses reproduksi yang terjadi pada sel manusia. Selama pembelahan sel, sel induk membelah menjadi dua sel anak yang identik secara genetik. Proses ini penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tubuh manusia.

Penjelasan dan Jawaban

Pembelahan sel pada manusia adalah proses dimana sel tubuh manusia membelah menjadi dua sel yang identik. Proses ini penting untuk pertumbuhan, perbaikan, dan regenerasi jaringan tubuh manusia. Ada dua jenis pembelahan sel yaitu mitosis dan meiosis.

Mitosis adalah jenis pembelahan sel yang terjadi untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh manusia. Proses ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Pada tahap profase, DNA berpilin menjadi kromosom terlihat dengan jelas. Pada tahap metafase, kromosom berbaris di tengah sel. Pada tahap anafase, kromosom memisah menjadi dua dan ditarik ke kutub sel oleh serat-serat kromosom. Pada tahap telofase, dua inti sel baru terbentuk dan sel kemudian membelah menjadi dua sel anak yang identik.

Meiosis adalah jenis pembelahan sel yang terjadi pada organ reproduksi manusia, yaitu pada sel-sel sperma dan sel telur. Proses ini menghasilkan sel-sel anak dengan setengah dari jumlah kromosom yang ada pada sel-sel tubuh normal. Meiosis terdiri dari dua tahapan yaitu meiosis I dan meiosis II. Pada meiosis I, kromosom-kromosom homolog (pasangan kromosom yang berisi informasi genetik yang sama) saling bertukar bagian dari materi genetiknya dalam proses yang disebut sebagai perlintasan (crossing over). Kemudian, pada tahap kedua, yaitu meiosis II, kromosom-kromosom yang sama seperti pada mitosis membelah menjadi sel-sel anak yang haploid.

Kesimpulan

Pembelahan sel pada manusia adalah proses penting untuk pertumbuhan, perbaikan, dan regenerasi jaringan tubuh. Mitosis terjadi dalam sel tubuh manusia dan menghasilkan dua sel anak yang identik dengan sel induknya. Meiosis terjadi dalam sel reproduksi manusia dan menghasilkan sel-sel anak dengan setengah dari jumlah kromosom normal.