Categories

Apa pengertian dari emigrasi dan imigrasi?

Apa pengertian dari emigrasi dan imigrasi?

Pengertian emigrasi adalah proses ketika seseorang meninggalkan negara asalnya untuk menetap di negara lain. Sedangkan imigrasi adalah kebalikannya, yaitu proses masuknya seseorang ke sebuah negara untuk menetap dari negara asalnya.

Penjelasan dan Jawaban

Pengertian dari emigrasi adalah proses ketika seseorang meninggalkan negaranya sendiri dan pindah ke negara lain untuk tinggal secara permanen. Biasanya, emigrasi terjadi karena adanya faktor ekonomi atau politik yang membuat seseorang memutuskan untuk mencari kehidupan yang lebih baik di negara lain.

Sedangkan imigrasi adalah proses ketika seseorang pindah ke negara lain untuk tinggal secara permanen. Orang-orang yang melakukan imigrasi disebut imigran. Sama seperti emigrasi, faktor ekonomi dan politik juga menjadi alasan utama seseorang memilih untuk imigrasi.

Kesimpulan

Dalam emigrasi, seseorang meninggalkan negara asalnya untuk pindah dan tinggal di negara lain secara permanen. Sementara itu, dalam imigrasi, seseorang pindah ke negara lain untuk tinggal secara permanen. Kedua konsep ini berkaitan dengan perpindahan orang antar negara, namun memiliki perbedaan dalam perspektif negara asal dan negara tujuan. Emigrasi melibatkan negara asal seseorang, sementara imigrasi melibatkan negara tujuan seseorang.