Categories

Apa yang dimaksud dengan pembiasan linear?

Apa yang dimaksud dengan pembiasan linear?

Pembiasan linear adalah fenomena optik di mana cahaya yang terpantul atau melewati suatu medium bergerak dalam jalur lurus. Dalam proses ini, cahaya mengalami perubahan arah tetapi tetap bergerak sejajar dan tidak berbelok. Pembiasan linear sering terjadi ketika cahaya melewati batas antara dua medium dengan indeks bias yang berbeda.

Penjelasan dan Jawaban

Pembiasan linear adalah fenomena yang terjadi pada cahaya atau gelombang elektromagnetik ketika melewati suatu medium dengan kecepatan rambat yang berbeda. Ketika cahaya atau gelombang elektromagnetik memasuki medium dengan kecepatan rambat yang berbeda, maka arah propagasi cahaya tersebut akan berubah.

Perubahan arah ini disebabkan oleh perbedaan kecepatan di antara medium pertama dan medium kedua, yang menyebabkan gelombang menjadi melengkung saat melewati batas permukaan kedua medium tersebut. Dalam pembiasan linear, cahaya atau gelombang elektromagnetik yang melewati batas permukaan antara dua medium bergerak sejajar dengan garis normal permukaan.

Kesimpulan

Pembiasan linear adalah fenomena ketika cahaya atau gelombang elektromagnetik mengalami perubahan arah propagasi saat melewati batas permukaan antara dua medium dengan kecepatan rambat yang berbeda. Perubahan arah ini disebabkan oleh melengkungnya gelombang saat melewati batas permukaan tersebut. Dalam pembiasan linear, cahaya atau gelombang elektromagnetik bergerak sejajar dengan garis normal permukaan.