Categories

51. Jika seorang penjual kue menggunakan 4 kg tepung untuk membuat 8 kue, berapa banyak tepung yang akan digunakan untuk membuat 12 kue?

51. Jika seorang penjual kue menggunakan 4 kg tepung untuk membuat 8 kue, berapa banyak tepung yang akan digunakan untuk membuat 12 kue?

Penjelasan dan Jawaban

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita dapat menggunakan metode perbandingan. Kita diberikan informasi bahwa untuk membuat 8 kue, penjual kue menggunakan 4 kg tepung. Maka, kita dapat membuat perbandingan antara jumlah tepung dengan jumlah kue yang dibuat, yaitu 4 kg : 8 kue.

Untuk mengetahui berapa banyak tepung yang akan digunakan untuk membuat 12 kue, kita perlu memperluas perbandingan tersebut. Dalam hal ini, kita akan menggunakan proporsi. Jika 4 kg tepung digunakan untuk membuat 8 kue, maka berapa banyak tepung yang diperlukan untuk membuat 12 kue?

Langkah-langkah untuk menghitungnya adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan perbandingan antara jumlah tepung dengan jumlah kue yang dibuat: 4 kg : 8 kue
  2. Tentukan perbandingan yang sama dengan perbandingan yang diberikan dan jumlah kue yang dicari: 4 kg : 8 kue = x kg : 12 kue
  3. Atur perbandingan menjadi proporsi: 4 kg/8 kue = x kg/12 kue
  4. Hitung nilai x dengan mengalikan kedua angka di sisi kanan proporsi dan dibagi dengan angka di sisi kiri proporsi: (4 kg x 12 kue) / 8 kue = x kg
  5. Sederhanakan hasilnya: (48 kg) / 8 kue = x kg
  6. Jadi, jumlah tepung yang akan digunakan untuk membuat 12 kue adalah 6 kg.

Kesimpulan

Berdasarkan perhitungan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk membuat 12 kue, penjual kue akan menggunakan 6 kg tepung. Jumlah tepung yang digunakan bertambah sebanding dengan penambahan jumlah kue yang akan dibuat.