Categories

98. Jika seorang penjual kue menggunakan 5 kg tepung untuk membuat 10 kue, berapa banyak tepung yang akan digunakan untuk membuat 15 kue?

98. Jika seorang penjual kue menggunakan 5 kg tepung untuk membuat 10 kue, berapa banyak tepung yang akan digunakan untuk membuat 15 kue?

Jika seorang penjual kue menggunakan 5 kg tepung untuk membuat 10 kue, berapa banyak tepung yang akan digunakan untuk membuat 15 kue?

Penjelasan dan Jawaban

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus menggunakan perbandingan yang diberikan, yaitu bahwa 5 kg tepung digunakan untuk membuat 10 kue. Dengan perbandingan ini, kita dapat mencari berapa banyak tepung yang diperlukan untuk membuat 1 kue. Caranya adalah dengan membagi jumlah tepung yang digunakan (5 kg) dengan jumlah kue yang dibuat (10), sehingga didapatkan bahwa setiap kue menggunakan 0,5 kg tepung.

Setelah mengetahui jumlah tepung yang digunakan untuk 1 kue, kita dapat menghitung berapa banyak tepung yang akan digunakan untuk membuat 15 kue. Caranya adalah dengan mengalikan jumlah tepung yang digunakan untuk 1 kue (0,5 kg) dengan jumlah kue yang akan dibuat (15), sehingga didapatkan bahwa dalam membuat 15 kue, akan digunakan 7,5 kg tepung.

Kesimpulan

Berdasarkan perhitungan di atas, jika seorang penjual kue menggunakan 5 kg tepung untuk membuat 10 kue, maka jumlah tepung yang akan digunakan untuk membuat 15 kue adalah 7,5 kg.

Dari perhitungan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa semakin banyak kue yang dibuat, semakin banyak pula tepung yang diperlukan. Oleh karena itu, dalam hal membuat kue dalam skala yang lebih besar, penjual kue perlu memperhatikan pengadaan tepung agar kebutuhan dapat terpenuhi.