Categories

Apa itu Sumpah Pemuda?

Apa itu Sumpah Pemuda?

Sumpah Pemuda adalah sebuah manifesto penting dalam sejarah Indonesia yang diucapkan oleh pemuda-pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Manifesto ini memperjuangkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Sumpah Pemuda menjadi tonggak penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Penjelasan dan Jawaban

Pada tanggal 28 Oktober 1928, di Jakarta, Indonesia, Sumpah Pemuda adalah ikrar yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia yang mewakili berbagai organisasi pemuda di seluruh Nusantara. Sumpah Pemuda bertujuan untuk menyatukan para pemuda dalam semangat kebangsaan, persatuan, dan kesatuan Indonesia. Sumpah Pemuda secara resmi diucapkan dalam tiga butir yang menjadi semangat pemuda Indonesia, yaitu:

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda menjadi momen penting dalam sejarah Indonesia karena berhasil menyatukan beragam kelompok pemuda dari berbagai daerah dalam semangat persatuan. Sumpah ini menjadi awal dari gerakan nasionalis yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Kesimpulan

Dalam Sumpah Pemuda, para pemuda Indonesia menyatakan persatuan dan kebangsaan sebagai jati diri mereka. Mereka siap berjuang untuk tanah air Indonesia dan melestarikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Sumpah Pemuda membawa semangat persatuan sampai saat ini dan menjadi tonggak perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dan membangun negara.