Categories

Apa yang kamu ketahui tentang letak geografis Indonesia?

Apa yang kamu ketahui tentang letak geografis Indonesia?

Indonesia, terletak di antara dua benua, Asia dan Australia, serta dua samudera, Pasifik dan Hindia. Dengan lebih dari 17.000 pulau, negara ini menjadi kawasan dengan banyak keragaman geografis seperti gunung berapi, hutan hujan tropis, pantai yang indah, dan laut yang luas.

Penjelasan dan Jawaban

Letak geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Secara geografis, Indonesia terletak antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Wilayah Indonesia mencakup beberapa pulau besar diantaranya adalah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Letak Indonesia juga melintasi garis khatulistiwa sehingga memiliki iklim tropis dengan musim penghujan dan kemarau.

Indonesia memiliki perbatasan darat dengan beberapa negara tetangga, yaitu Malaysia di pulau Kalimantan dan pulau Sebatik, Timor Leste di pulau Timor, dan Papua Nugini di pulau Papua. Selain itu, Indonesia juga memiliki perbatasan maritim dengan Singapura, Filipina, Australia, dan India. Letak geografis Indonesia memberikan keuntungan dalam potensi sumber daya alam, seperti hasil pertanian, tambang minyak dan gas, serta perikanan.

Kesimpulan

Secara geografis, Indonesia terletak antara dua benua dan dua samudra, yaitu benua Asia dan Australia serta Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Dengan letaknya yang melintasi garis khatulistiwa, Indonesia memiliki iklim tropis dengan musim penghujan dan kemarau.

Letak geografis Indonesia juga memberikan keuntungan dalam potensi sumber daya alam yang melimpah, seperti pertanian, pertambangan, dan perikanan. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman alam dan budaya.