Categories

Mengapa tongkat yang dicelupkan ke dalam air tampak bengkok?

Mengapa tongkat yang dicelupkan ke dalam air tampak bengkok?

Kenapa tongkat yang dicelupkan ke dalam air tampak bengkok? Fenomena ini disebabkan oleh pembiasan cahaya saat melalui air. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari lebih lanjut mengenai sains di balik peristiwa yang menarik ini.

Penjelasan dan Jawaban

Tongkat yang dicelupkan ke dalam air tampak bengkok karena adanya perubahan indeks bias cahaya saat cahaya melewati air. Indeks bias merupakan ukuran seberapa banyak cahaya akan bengkok ketika melewati zat. Ketika cahaya melewati batas antara medium dengan indeks bias yang berbeda, seperti dari udara ke air, cahaya akan mengalami pembiasan atau pembelokan.

Perubahan index bias ini menyebabkan posisi tongkat terlihat berbeda ketika dicelupkan ke dalam air. Cahaya yang melewati air lambat dibandingkan dengan cahaya saat berada di udara, sehingga cahaya yang bergerak dari udara ke air akan mengalami pembiasan dan menyebabkan tongkat tampak bengkok.

Secara lebih teknis, terdapat hukum Snellius yang menjelaskan hubungan antara sudut serapan cahaya dengan perubahan indeks bias ketika cahaya berpindah medium. Hukum ini dapat menjelaskan mengapa tongkat tampak bengkok ketika direndam dalam air.

Kesimpulan

Ketika tongkat dicelupkan ke dalam air, perubahan indeks bias cahaya menyebabkan cahaya yang melewati air bengkok. Hal ini mengakibatkan tongkat tampak bengkok saat dilihat dari luar air.