Categories

Apa yang dimaksud dengan tekanan osmotik?

Apa yang dimaksud dengan tekanan osmotik?

Tekanan osmotik merupakan suatu konsep yang sangat penting dalam ilmu biologi dan kimia. Konsep ini merujuk pada tekanan yang diberikan oleh suatu larutan untuk mencegah air masuk ke dalamnya melalui semipermeabel membran. Tekanan osmotik ini dapat berdampak pada proses seperti penyerapan air oleh tumbuhan dan regulasi keseimbangan air dalam tubuh.

Penjelasan dan Jawaban

Tekanan osmotik adalah tekanan yang terjadi ketika terdapat perbedaan konsentrasi zat terlarut di dalam dan di luar suatu sel atau larutan. Zat terlarut akan bergerak dari konsentrasi yang tinggi ke konsentrasi yang rendah melalui membran semipermeabel. Proses ini terjadi hingga mencapai kesetimbangan osmotik.

Contoh sederhana untuk memahami tekanan osmotik adalah ketika kita merendam kentang dalam air garam. Air yang kaya garam akan memasuki sel-sel kentang yang memiliki konsentrasi garam yang lebih rendah. Sehingga, kentang akan mengalami peningkatan volume atau bengkak karena air yang masuk. Ini terjadi karena tekanan osmotik yang mendorong air masuk ke dalam sel kentang.

Kesimpulan

Tekanan osmotik adalah tekanan yang terjadi akibat perbedaan konsentrasi zat terlarut di dalam dan di luar sel/larutan.

Proses tekanan osmotik terjadi saat zat terlarut bergerak melalui membran semipermeabel hingga mencapai kesetimbangan osmotik.