Categories

Apa yang dimaksud dengan kata majemuk keterangan?

Apa yang dimaksud dengan kata majemuk keterangan?

Majemuk keterangan adalah gabungan dari dua atau lebih kata yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang suatu kata benda atau kata kerja. Kata-kata tersebut dipadukan untuk memberikan deskripsi yang lebih spesifik dan mendetail serta memperkaya makna kalimat. Contoh majemuk keterangan antara lain “dengan hati-hati,” “dalam diam,” dan “secara berurutan.”

Penjelasan dan Jawaban

Kata majemuk keterangan adalah gabungan dari dua atau lebih kata keterangan yang membentuk sebuah kata baru yang memiliki makna yang berbeda dengan kata-kata yang terdiri darinya. Dalam bahasa Indonesia, kata majemuk keterangan sering digunakan untuk merujuk pada lokasi, waktu, atau kondisi.

Contoh kata majemuk keterangan adalah “di luar,” “di bawah,” “di dalam,” “dulu,” “sekarang,” “sudah,” “belum,” “terserah,” dan sebagainya. Dalam penggunaannya, kata majemuk keterangan biasanya diletakkan sebelum kata yang diberi keterangan.

Kesimpulan:

Dalam bahasa Indonesia, kata majemuk keterangan merupakan gabungan dari beberapa kata keterangan yang membentuk makna baru yang berkaitan dengan lokasi, waktu, atau kondisi.

Penggunaan kata majemuk keterangan umumnya ditempatkan sebelum kata yang diberi keterangan. Contoh kata majemuk keterangan meliputi “di luar,” “di bawah,” “di dalam,” “dulu,” “sekarang,” “sudah,” “belum,” “terserah,” dan lainnya.