Categories

Apa itu gen dan bagaimana proses pewarisan sifat?

Apa itu gen dan bagaimana proses pewarisan sifat?

Gen adalah bagian dari materi genetik yang terdapat pada setiap individu. Gen ini mengandung instruksi atau kode genetik yang menentukan sifat-sifat yang dimiliki oleh suatu organisme. Proses pewarisan sifat terjadi melalui reproduksi seksual dimana gen-gen diturunkan dari kedua orang tua. Gen-gen ini akan mengalami kombinasi dan dapat dipindahkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Penjelasan dan Jawaban

Apa itu gen?

Gen adalah bagian dari materi pewarisan yang terdapat pada setiap individu yang menentukan ciri-ciri atau sifat-sifat yang dimiliki oleh individu tersebut. Gen terletak pada DNA (asam deoksiribonukleat) yang terdapat di setiap sel tubuh. Gen ini berfungsi sebagai petunjuk bagi sel untuk membuat protein yang diperlukan dalam berbagai proses biologis.

Bagaimana proses pewarisan sifat?

Proses pewarisan sifat terjadi melalui reproduksi seksual, di mana individu mewarisi gen dari kedua orang tuanya. Pewarisan sifat dilakukan melalui kombinasi gen yang terjadi saat pembentukan sel telur dan sel sperma. Kedua sel ini mengandung setengah dari banyaknya gen yang dimiliki oleh individu induk.

Setiap individu memiliki sepasang gen untuk setiap ciri atau sifat. Terdapat dua jenis gen, yaitu gen dominan dan gen resesif. Gen dominan adalah gen yang akan mendominasi penentuan suatu ciri atau sifat pada individu. Sementara itu, gen resesif akan hanya terlihat jika pasangan gen yang ada adalah dua gen resesif.

Dalam reproduksi seksual, pasangan gen yang ada pada sel telur dan sel sperma akan bergabung membentuk satu set gen di dalam sel kepala embrio yang baru terbentuk. Proses ini disebut dengan fertilisasi. Dalam pembentukan embrio baru ini, setiap individu turut menyumbangkan separuh gen yang dimilikinya, sehingga embrio baru memiliki kombinasi gen dari kedua orang tuanya.

Pada manusia, proses pewarisan sifat juga dipengaruhi oleh adanya kromosom seks, yaitu kromosom yang menentukan jenis kelamin. Dalam manusia, perempuan memiliki dua kromosom seks X (XX), sedangkan laki-laki memiliki satu kromosom seks X dan satu kromosom seks Y (XY). Melalui pembagian selama reproduksi, jenis kelamin juga dapat ditentukan dan mempengaruhi pewarisan sifat.

Kesimpulan

Gen adalah bagian dari materi pewarisan yang terdapat pada setiap individu yang menentukan ciri-ciri atau sifat-sifat yang dimiliki oleh individu tersebut. Proses pewarisan sifat terjadi melalui reproduksi seksual, di mana individu mewarisi gen dari kedua orang tuanya.