Categories

Apa perbedaan antara perbandingan sebanding dan perbandingan tak sebanding?

Apa perbedaan antara perbandingan sebanding dan perbandingan tak sebanding?

Apa perbedaan antara perbandingan sebanding dan perbandingan tak sebanding? Dalam matematika, perbandingan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu perbandingan sebanding dan perbandingan tak sebanding. Perbandingan sebanding terjadi ketika dua atau lebih perbandingan memiliki perbandingan yang sama, sedangkan perbandingan tak sebanding memiliki perbandingan yang berbeda. Yuk, mari kita simak penjelasan lebih lanjut!

Penjelasan dan Jawaban

Perbandingan sebanding dan perbandingan tak sebanding adalah dua konsep dalam matematika yang digunakan untuk membandingkan dua hal atau nilai.

Perbandingan Sebanding:

Perbandingan sebanding terjadi ketika dua perbandingan memiliki perbandingan yang sama. Dalam perbandingan sebanding, perbandingan antara dua pasangan bilangan yang berbeda tetap konsisten. Misalnya, jika kita memiliki perbandingan antara panjang dan lebar suatu persegi panjang, dan juga perbandingan antara panjang dan lebar persegi panjang lainnya, jika kedua perbandingan tersebut memiliki nilai yang sama, maka perbandingan tersebut sebanding. Dalam notasi matematika, perbandingan sebanding bisa dituliskan sebagai a:b = c:d.

Perbandingan Tak Sebanding:

Perbandingan tak sebanding terjadi saat dua perbandingan memiliki perbandingan yang berbeda. Dalam perbandingan tak sebanding, perbandingan antara dua pasangan bilangan yang berbeda tidak konsisten. Misalnya, jika kita membandingkan panjang dan lebar suatu persegi panjang dengan panjang dan lebar suatu segitiga, perbandingannya akan berbeda. Dalam notasi matematika, perbandingan tak sebanding bisa dituliskan sebagai a:b ≠ c:d.

Kesimpulan

Perbandingan sebanding terjadi ketika dua perbandingan memiliki perbandingan yang sama, sedangkan perbandingan tak sebanding terjadi saat dua perbandingan memiliki perbandingan yang berbeda.

Perbandingan sebanding dapat dituliskan dengan notasi a:b = c:d, sedangkan perbandingan tak sebanding dapat dituliskan dengan notasi a:b ≠ c:d.