Categories

Apa pengertian dan rumus hambatan pada rangkaian seri dan paralel?

Apa pengertian dan rumus hambatan pada rangkaian seri dan paralel?

Pada rangkaian seri, hambatan merupakan total resistansi dari komponen yang tersusun berurutan, sedangkan pada rangkaian paralel, hambatan merupakan kebalikan dari total konduktansi komponen yang tersusun berdampingan. Rumusnya dapat dihitung dengan menggabungkan resistansi atau konduktansi sesuai jenis rangkaian yang digunakan.

Penjelasan dan Jawaban

Pada rangkaian listrik, hambatan adalah penghalang aliran arus listrik. Hambatan pada rangkaian seri dan paralel adalah konsep dasar dalam merancang rangkaian listrik. Rangkaian seri adalah rangkaian dimana komponen-komponen dihubungkan secara berurutan, sedangkan rangkaian paralel adalah rangkaian dimana komponen-komponen dihubungkan secara paralel atau memiliki titik-titik awal dan akhir yang sama.

Rumus Hambatan pada Rangkaian Seri

Hambatan total pada rangkaian seri diperoleh dengan menjumlahkan nilai hambatan dari masing-masing komponen yang terhubung secara seri. Rumus hambatan pada rangkaian seri adalah:

Rt = R1 + R2 + R3 + … + Rn

  • Rt: Hambatan total
  • R1, R2, R3, … , Rn: Nilai hambatan pada setiap komponen

Rumus Hambatan pada Rangkaian Paralel

Hambatan total pada rangkaian paralel diperoleh dengan menjumlahkan kebalikan nilai hambatan dari masing-masing komponen yang terhubung secara paralel, kemudian mengambil kebalikan dari hasil penjumlahan tersebut. Rumus hambatan pada rangkaian paralel adalah:

1/Rt = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 + … + 1/Rn

  • Rt: Hambatan total
  • R1, R2, R3, … , Rn: Nilai hambatan pada setiap komponen

Kesimpulan

Dalam rangkaian seri, hambatan total adalah hasil penjumlahan dari nilai hambatan pada setiap komponen. Sedangkan dalam rangkaian paralel, hambatan total adalah kebalikan dari hasil penjumlahan kebalikan hambatan pada setiap komponen. Jika hambatan pada rangkaian seri lebih besar, arus yang mengalir akan semakin kecil. Sedangkan jika hambatan pada rangkaian paralel lebih kecil, arus yang mengalir akan semakin besar.