Categories

Apa itu suku dalam deret geometri dan bagaimana cara mencarinya?

Apa itu suku dalam deret geometri dan bagaimana cara mencarinya?

Deret geometri adalah deret bilangan dimana setiap suku didapatkan dengan mengalikan suku sebelumnya dengan suatu bilangan tetap yang disebut rasio. Suku dalam deret geometri dapat dicari dengan menggunakan rumus umum yang melibatkan suku pertama, rasio, dan suku ke-n. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

Penjelasan dan Jawaban

Suku dalam deret geometri adalah setiap anggota dalam deret tersebut. Deret geometri merupakan deret bilangan dimana setiap suku dihasilkan dengan mengalikan suku sebelumnya dengan suatu bilangan tetap yang disebut rasio. Rasio ini biasanya dinotasikan sebagai r.

Cara mencari suku dalam deret geometri adalah dengan menggunakan rumus umum suku ke-n dalam deret geometri. Rumus umumnya adalah:

Un = U1 * r^(n-1)

dimana Un adalah suku ke-n yang akan dicari, U1 adalah suku pertama dalam deret geometri, r adalah rasio, dan n adalah urutan suku ke-n yang diinginkan.

Contoh:

  1. Jika suku pertama, U1, adalah 3 dan rasio, r, adalah 2, dan kita ingin mencari suku ke-4, maka kita bisa menggunakan rumus:
  2. U4 = 3 * 2^(4-1)

    U4 = 3 * 2^3

    U4 = 3 * 8

    U4 = 24

  3. Jika suku pertama, U1, adalah 5 dan rasio, r, adalah 0.5, dan kita ingin mencari suku ke-6, maka kita bisa menggunakan rumus:
  4. U6 = 5 * 0.5^(6-1)

    U6 = 5 * 0.5^5

    U6 = 5 * 0.03125

    U6 = 0.15625

Kesimpulan

Suku dalam deret geometri merupakan setiap anggota dalam deret tersebut, yang dihasilkan dengan mengalikan suku sebelumnya dengan suatu rasio yang tetap. Cara mencari suku dalam deret geometri adalah dengan menggunakan rumus umum suku ke-n dalam deret geometri. Rumus umumnya adalah Un = U1 * r^(n-1).

Dengan menggunakan rumus tersebut, kita dapat mencari suku ke-n dalam deret geometri dengan mengetahui suku pertama, rasio, dan urutan suku yang diinginkan.