Categories

Apa itu irisan dan gabungan himpunan?

Apa itu irisan dan gabungan himpunan?

Apakah kamu memiliki ketertarikan dalam matematika diskrit? Salah satu konsep yang mungkin menarik perhatianmu adalah irisan dan gabungan himpunan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu irisan dan gabungan himpunan serta bagaimana konsep ini dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita mulai!

Penjelasan dan Jawaban

Pada matematika, irisan dan gabungan himpunan merupakan dua operasi yang sering digunakan dalam menggambarkan hubungan antara himpunan-himpunan tersebut.

Irisan Himpunan

Irisan himpunan adalah himpunan yang terdiri dari unsur-unsur yang sama antara dua atau lebih himpunan. Dalam simbol matematika, irisan himpunan dilambangkan dengan ∩ (tanda “n” di atas), dan hasilnya dinyatakan dalam himpunan baru yang terdiri dari unsur-unsur yang dimiliki oleh himpunan-himpunan tersebut.

Contoh:

Himpunan A = {1, 2, 3, 4}

Himpunan B = {3, 4, 5, 6}

Irisan A dan B = {3, 4}

Gabungan Himpunan

Gabungan himpunan adalah himpunan yang terdiri dari semua unsur yang ada di dalam dua himpunan atau lebih. Dalam simbol matematika, gabungan himpunan dilambangkan dengan ∪ (tanda “u” di atas), dan hasilnya dinyatakan dalam himpunan baru yang berisi semua unsur yang ada di dalam himpunan-himpunan tersebut.

Contoh:

Himpunan A = {1, 2, 3}

Himpunan B = {3, 4, 5}

Gabungan A dan B = {1, 2, 3, 4, 5}

Kesimpulan

Irisan himpunan merupakan himpunan yang terdiri dari unsur-unsur yang sama antara dua atau lebih himpunan, sedangkan gabungan himpunan merupakan himpunan yang terdiri dari semua unsur yang ada di dalam dua himpunan atau lebih.