Categories

Apa itu deret harmonik dan bagaimana cara mencarinya?

Apa itu deret harmonik dan bagaimana cara mencarinya?

Apa itu deret harmonik? Deret harmonik adalah deret tak terhingga hasil penjumlahan suku-suku berkala dengan perbedaan nilai yang konstan. Deret ini memiliki aplikasi yang luas dalam matematika dan fisika. Bagaimana cara mencarinya? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Penjelasan dan Jawaban

Deret harmonik adalah sebuah deret tak terhingga yang terbentuk dari penjumlahan bilangan harmonik. Bilangan harmonik merupakan sejenis deret atau barisan bilangan yang ditemukan dari penjumlahan reciprok (pembalikan) dari bilangan-bilangan positif bulat berurutan, dimulai dari 1. Jika dikatakan deret harmonik ke-n, maka suku ke-n dari deret tersebut adalah 1/n.

Cara mencari deret harmonik dapat dilakukan dengan menjumlahkan reciprok dari bilangan-bilangan bulat positif secara berurutan, dimulai dari 1, sampai batasan tertentu sesuai yang diinginkan. Misalnya, jika ingin mencari deret harmonik ke-5, maka kita akan menjumlahkan 1/1, 1/2, 1/3, 1/4, dan 1/5.

Secara matematis, deret harmonik dapat dituliskan sebagai:

1 + 1/2 + 1/3 + 1/4 + … + 1/n

Di mana n adalah bilangan bulat positif yang menentukan urutan suku.

Kesimpulan

Deret harmonik adalah deret tak terhingga yang terbentuk dari penjumlahan bilangan harmonik. Bilangan harmonik merupakan penjumlahan reciprok dari bilangan-bilangan bulat positif berurutan, dimulai dari 1. Cara mencari deret harmonik adalah dengan menjumlahkan reciprok dari bilangan-bilangan bulat positif sesuai dengan urutan yang diinginkan.