Categories

Siapakah tokoh pada uang pecahan nominal 20.000 rupiah?

Siapakah tokoh pada uang pecahan nominal 20.000 rupiah?

Tokoh yang terdapat pada uang pecahan nominal 20.000 rupiah adalah Soekarno, pendiri dan presiden pertama Republik Indonesia. Uang ini menggambarkan potret Soekarno dengan latar belakang Monumen Nasional (Monas) yang merupakan simbol kemerdekaan bangsa Indonesia.

Penjelasan dan Jawaban

Tokoh yang terdapat pada uang pecahan nominal 20.000 rupiah adalah Soekarno. Pada bagian depan uang tersebut, terdapat gambar potret Soekarno dengan latar belakang Istana Merdeka. Soekarno merupakan Proklamator dan juga Presiden Pertama Republik Indonesia yang menjabat dari tahun 1945 hingga 1967.

Di bagian belakang uang 20.000 rupiah, terdapat gambar Tugu Monumen Nasional (Monas) yang berada di Jakarta. Monas merupakan salah satu ikon kota Jakarta dan menjadi simbol perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, tokoh pada uang pecahan nominal 20.000 rupiah adalah Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Uang ini juga menampilkan gambar Monas sebagai simbol perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Kesimpulan ini menggarisbawahi pentingnya mengenang jasa-jasa tokoh-tokoh yang telah berjuang memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan bangsa.