Categories

Berikan contoh kata denotasi dalam bahasa Indonesia beserta artinya!

Berikan contoh kata denotasi dalam bahasa Indonesia beserta artinya!

Denotasi dan Maknanya dalam Bahasa Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh kata denotasi dalam Bahasa Indonesia beserta artinya: “buku” yang merujuk pada objek fisik yang digunakan untuk membaca, “rumah” yang mengacu pada tempat tinggal, dan “meja” yang berkaitan dengan perabotan untuk menempatkan barang. Denotasi penting dalam memahami makna kata secara literal.

Penjelasan dan Jawaban

Denotasi adalah pengertian atau makna yang dapat ditemukan dalam kamus untuk suatu kata. Berikut adalah contoh kata denotasi dalam bahasa Indonesia beserta artinya:

  • Kucing: hewan mamalia berkumis yang biasa dijadikan hewan peliharaan
  • Buku: kumpulan halaman yang terjilid menjadi satu dan berisi teks, gambar, atau ilustrasi
  • Meja: perabot yang terdiri dari sebuah permukaan datar yang didukung oleh kaki, biasanya digunakan sebagai tempat untuk meletakkan barang
  • Rumah: bangunan tempat tinggal yang terdiri dari dinding, atap, pintu, dan jendela
  • Hujan: fenomena alam yang terjadi ketika air jatuh dari langit ke bumi dalam bentuk butir-butir

Kesimpulan

Dalam bahasa Indonesia, denotasi digunakan untuk mendefinisikan makna kata secara umum. Contoh kata denotasi adalah kucing (hewan mamalia berkumis yang biasa dijadikan hewan peliharaan), buku (kumpulan halaman yang terjilid menjadi satu dan berisi teks, gambar, atau ilustrasi), meja (perabot yang terdiri dari sebuah permukaan datar yang didukung oleh kaki, biasanya digunakan sebagai tempat untuk meletakkan barang), rumah (bangunan tempat tinggal yang terdiri dari dinding, atap, pintu, dan jendela), dan hujan (fenomena alam yang terjadi ketika air jatuh dari langit ke bumi dalam bentuk butir-butir).

Denotasi berfungsi sebagai dasar pemahaman secara umum terhadap suatu kata, sehingga memungkinkan orang untuk saling memahami dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang sama.