Categories

Siapa pemimpin lembaga legislatif di Indonesia?

Siapa pemimpin lembaga legislatif di Indonesia?

Di Indonesia, pemimpin lembaga legislatif penting dalam pengambilan keputusan dan pembuatan undang-undang. Lembaga legislatif terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Namun, siapa sebenarnya pemimpin di lembaga legislatif Indonesia? Simak informasinya di sini!

Penjelasan dan Jawaban

Pemimpin lembaga legislatif di Indonesia disebut sebagai Ketua MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat). Ketua MPR dipilih melalui pemilihan secara internal oleh anggota MPR, yang terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP). Pemilihan Ketua MPR dilakukan setiap lima tahun setelah pemilihan umum.

Saat ini, dalam periode 2019-2024, Ketua MPR dijabat oleh Bambang Soesatyo. Beliau adalah anggota Partai Golkar dan telah menjadi Ketua DPR sebelum menjadi Ketua MPR.

Kesimpulan

Dalam lembaga legislatif Indonesia, pemimpinnya disebut Ketua MPR. Saat ini, Jabatan Ketua MPR dipegang oleh Bambang Soesatyo hingga tahun 2024. Pemilihan Ketua MPR dilakukan oleh anggota MPR setiap lima tahun.