Categories

Apa itu koordinat pada sumbu cartesius?

Apa itu koordinat pada sumbu cartesius?

Koordinat pada sumbu Cartesius adalah metode yang digunakan untuk memetakan posisi titik dalam suatu ruang. Sumbu horizontal disebut sumbu-X, sedangkan sumbu vertikal disebut sumbu-Y. Koordinat ini biasa digunakan dalam matematika, fisika, dan sistem navigasi untuk menentukan posisi objek dengan akurasi tinggi.

Penjelasan dan Jawaban

Pada sumbu kartesius, koordinat digunakan untuk menentukan letak suatu titik dalam bidang datar. Koordinat terdiri dari dua angka, yaitu koordinat x dan koordinat y. Koordinat (x, y) menunjukkan jarak titik tersebut dari sumbu x dan sumbu y.

Contoh, jika sebuah titik berada pada koordinat (3, 4), artinya titik tersebut berjarak 3 satuan dari sumbu x ke kanan, dan 4 satuan dari sumbu y ke atas. Secara umum, koordinat (x, y) dapat diinterpretasikan sebagai jarak horizontal dan jarak vertikal.

Kesimpulan

Koordinat pada sumbu kartesius digunakan untuk menyatakan letak suatu titik dalam bidang datar. Dalam format (x, y), koordinat x menunjukkan jarak horizontal, sedangkan koordinat y menunjukkan jarak vertikal.

Dengan menggunakan sistem koordinat ini, kita dapat dengan mudah mengidentifikasi letak suatu titik dan melakukan perhitungan matematika di bidang datar.