Categories

Apa arti dari Bhinneka Tunggal Ika?

Apa arti dari Bhinneka Tunggal Ika?

Bhinneka Tunggal Ika adalah motto resmi Indonesia yang tertulis dalam bahasa Jawa Kuno yang artinya “Berbeda-beda tetapi satu juga”. Konsep ini mendorong persatuan dan keberagaman dalam satu negara, di mana walaupun beragam suku, agama, budaya, dan bahasa, kita tetap menjadi satu bangsa.

Penjelasan dan Jawaban

Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan resmi Indonesia yang berasal dari bahasa Jawa Kuno. Bhinneka artinya berbeda-beda atau beragam, Tunggal artinya satu, dan Ika artinya itu. Secara harfiah, Bhinneka Tunggal Ika berarti “beragam dalam satu kesatuan” atau “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Bhinneka Tunggal Ika juga merupakan bagian dari Pancasila, dasar negara Indonesia. Moto ini mewakili prinsip kesatuan dalam keberagaman yang ada di Indonesia. Indonesia adalah negara yang dihuni oleh berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa. Bhinneka Tunggal Ika mengajarkan pentingnya untuk hidup berdampingan dengan saling menghormati perbedaan-perbedaan tersebut, tetapi tetap bersatu dalam semangat dan tujuan yang sama untuk memajukan bangsa.

Kesimpulan

Kesimpulan dari arti Bhinneka Tunggal Ika adalah Indonesia menghargai dan menerima keberagaman sebagai landasan bersatu sebagai bangsa. Bhinneka Tunggal Ika merupakan semangat inklusif dan toleransi yang menjadi nilai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Dengan mempraktikkan prinsip ini, diharapkan Indonesia dapat menjadi negara yang damai, harmonis, dan maju.