Categories

Apa definisi barisan aritmatika?

Apa definisi barisan aritmatika?

Apa definisi barisan aritmatika? Barisan aritmatika merupakan deret bilangan dengan kenaikan atau penurunan konstan antara setiap angka. Setiap suku diperoleh dengan menambahkan atau mengurangkan konstanta tertentu ke suku sebelumnya. Dalam barisan aritmatika, pola tersebut dapat digunakan untuk menghitung suku berikutnya atau mencari suku ke-n.

Penjelasan dan Jawaban

Barisan aritmatika adalah deret bilangan yang setiap suku selanjutnya diperoleh dengan menambahkan selisih yang tetap pada suku sebelumnya. Selisih ini disebut beda, dilambangkan dengan d, dan merupakan konstanta.

Contoh barisan aritmatika: 2, 5, 8, 11, 14, …

Untuk mencari suku-suku dalam barisan aritmatika, digunakan rumus umum sebagai berikut:

suku ke-n = suku pertama + (n-1) * beda

Dalam contoh barisan aritmatika di atas, suku pertama adalah 2 dan beda adalah 3. Jika kita ingin mencari suku ke-5, maka menggunakan rumus tersebut menjadi:

suku ke-5 = 2 + (5-1) * 3

suku ke-5 = 2 + 12

suku ke-5 = 14

Kesimpulan

Barisan aritmatika dapat didefinisikan sebagai deret bilangan di mana setiap suku selanjutnya diperoleh dengan menambahkan selisih yang tetap pada suku sebelumnya. Rumus umum barisan aritmatika adalah suku ke-n = suku pertama + (n-1) * beda.

Dengan memahami konsep barisan aritmatika, kita dapat mencari suku-suku dalam barisan tersebut menggunakan rumus yang telah disebutkan.