Categories

Apa definisi pecahan desimal?

Apa definisi pecahan desimal?

Pecahan desimal adalah jenis pecahan yang memiliki pembilang dan penyebut berupa bilangan desimal, biasanya dipisahkan oleh titik (.) atau koma (,). Pecahan desimal digunakan untuk menyatakan bagian dari suatu bilangan atau ukuran yang lebih kecil dari satu unit penuh.

Penjelasan dan Jawaban

Pecahan desimal adalah bentuk penyajian bilangan pecahan menggunakan angka desimal. Pecahan desimal terdiri dari dua bagian, yaitu bagian pecahan yang berupa angka di sebelah kiri koma dan bagian desimal yang berupa angka di sebelah kanan koma. Misalnya, dalam pecahan desimal 0,75, angka 0 merupakan bagian pecahan dan angka 75 merupakan bagian desimal.

Pecahan desimal juga dapat dituliskan dalam bentuk pecahan biasa, yaitu pecahan dengan penyebut berupa pangkat sepuluh. Misalnya, pecahan desimal 0,75 dapat dituliskan sebagai 75/100 dalam bentuk pecahan biasa.

Kesimpulan

Pecahan desimal adalah bentuk penyajian bilangan pecahan menggunakan angka desimal. Pecahan desimal terdiri dari bagian pecahan di sebelah kiri koma dan bagian desimal di sebelah kanan koma. Pecahan desimal juga dapat dituliskan dalam bentuk pecahan biasa dengan penyebut berupa pangkat sepuluh.