Categories

Apa itu kata keterangan sifat? Berikan contoh kata keterangan sifat!

Apa itu kata keterangan sifat? Berikan contoh kata keterangan sifat!

Apa itu kata keterangan sifat? Kata keterangan sifat adalah kata yang memberikan informasi tambahan tentang sifat suatu kata benda atau kata ganti. Contohnya, kata “sangat” dalam kalimat “Dia sangat cantik” adalah kata keterangan sifat yang menjelaskan seberapa cantik subjek tersebut.

Penjelasan dan Jawaban

Kata keterangan sifat adalah kata yang digunakan untuk memberikan keterangan atau informasi tentang sifat dari suatu benda, orang, atau kejadian. Kata tersebut menjelaskan seperti apa benda atau orang tersebut atau bagaimana kejadian tersebut terjadi.

Contoh kata keterangan sifat antara lain:

  • Baik – Misalnya, “Dia bermain dengan baik.” Kata keterangan sifat “baik” menjelaskan bagaimana dia bermain.
  • Banyak – Misalnya, “Dia memiliki banyak mainan.” Kata keterangan sifat “banyak” menjelaskan berapa jumlah mainan yang dimiliki.
  • Cantik – Misalnya, “Bunga-bunga itu sangat cantik.” Kata keterangan sifat “cantik” menjelaskan bagaimana bunga-bunga tersebut terlihat.
  • Tinggi – Misalnya, “Gedung itu sangat tinggi.” Kata keterangan sifat “tinggi” menjelaskan tinggi dari gedung tersebut.

Kesimpulan

Kata keterangan sifat merupakan kata yang digunakan untuk memberikan informasi tentang sifat dari suatu benda, orang, atau kejadian. Contoh-contoh kata tersebut di atas memberikan gambaran bagaimana kata keterangan sifat dapat digunakan dalam kalimat untuk memberikan keterangan yang lebih jelas dan spesifik tentang suatu hal.

Penggunaan kata keterangan sifat memungkinkan pembaca atau pendengar untuk lebih memahami sifat atau karakteristik dari benda, orang, atau kejadian yang dibicarakan.