Categories

Apa itu kata sambung? Berikan contoh kata sambung!

Apa itu kata sambung? Berikan contoh kata sambung!

Berikut ini akan dijelaskan apa itu kata sambung dan diberikan beberapa contoh kata sambung yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia. Kata sambung merupakan kata atau kelompok kata yang digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, atau klausa dalam suatu kalimat.

Penjelasan dan Jawaban

Kata sambung adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan antara dua kata, frasa, klausa, atau kalimat dalam suatu teks. Fungsi dari kata sambung adalah untuk menghubungkan ide atau informasi agar memiliki kaitan yang logis sehingga membantu pembaca atau pendengar dalam memahami suatu teks secara lebih baik.

Contoh kata sambung antara lain:

  • Karena: Dia tidak masuk sekolah karena sakit.
  • Jika: Jika kamu belajar dengan rajin, kamu akan mendapatkan nilai yang baik.
  • Tetapi: Saya ingin pergi ke pesta, tetapi saya harus menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu.
  • Kemudian: Setelah makan siang, kemudian kami pergi ke taman.
  • Dan: Dia suka membaca dan menulis cerita.
  • Atau: Kamu bisa memilih bermain bola atau berenang di kolam renang.

Kesimpulan

Kata sambung dalam bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam menyusun kalimat yang bersifat padu dan logis. Dengan menggunakan kata sambung, ide ataupun informasi dalam teks dapat disusun dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.

Pemilihan kata sambung yang tepat juga membantu dalam mengungkapkan hubungan antara ide atau informasi dalam teks, seperti hubungan sebab-akibat, alternatif, kontras, urutan waktu, dan sebagainya.