Categories

Apa itu pengertian segitiga siku-siku?

Apa itu pengertian segitiga siku-siku?

Segitiga siku-siku merupakan jenis segitiga yang salah satu sudutnya memiliki besar 90 derajat. Dalam bangun datar, segitiga siku-siku memiliki sifat dan perhitungan khusus yang membedakannya dengan jenis segitiga lainnya. Pengertian segitiga siku-siku penting untuk dikuasai dalam studi matematika dan berbagai bidang ilmu lainnya.

Penjelasan dan Jawaban

Pengertian segitiga siku-siku adalah segitiga yang memiliki salah satu sudut yang besarnya 90 derajat atau sudut siku-siku. Sudut siku-siku merupakan sudut yang memiliki ukuran tepat 90 derajat atau sudut sejajar sumbu-y dan sumbu-x pada koordinat kartesius.

Segitiga siku-siku juga memiliki sisi yang panjangnya lebih pendek disebut sebagai kaki siku-siku, dan sisi yang panjangnya lebih panjang adalah sebagai hipotenusa. Ketika panjang kedua kaki siku-siku diketahui, maka bisa menggunakan Teorema Pythagoras untuk menghitung panjang hipotenusa.

Kesimpulan

Segitiga siku-siku adalah segitiga yang memiliki salah satu sudut yang besarnya 90 derajat atau sudut siku-siku. Dalam segitiga siku-siku, terdapat kaki siku-siku yang lebih pendek, hipotenusa yang lebih panjang, dan Teorema Pythagoras dapat digunakan untuk menghitung panjang hipotenusa.