Categories

Apa itu sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku?

Apa itu sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku?

Sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku adalah konsep dasar dalam matematika. Sudut lancip memiliki ukuran kurang dari 90 derajat, sedangkan sudut tumpul memiliki ukuran lebih dari 90 derajat. Sudut siku-siku memiliki ukuran persis 90 derajat. Ketiga sudut ini memiliki peran penting dalam mengukur dan menentukan hubungan antara dua garis atau bidang.

Penjelasan dan Jawaban

Sudut Lancip

Sudut lancip adalah sudut yang memiliki ukuran kurang dari 90 derajat. Sudut ini dapat juga disebut sebagai sudut tajam. Bisa diibaratkan sudut ini terbuka seperti huruf “V” yang tidak melebihi sudut kanan.

Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah sudut yang memiliki ukuran lebih dari 90 derajat tetapi kurang dari 180 derajat. Sudut ini bisa diibaratkan seperti huruf “V” terbalik dengan lengkung ke dalam.

Sudut Siku-siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang memiliki ukuran tepat 90 derajat. Sudut ini dapat diibaratkan seperti huruf “L” yang membentuk sudut tepat dan lurus.

Kesimpulan

Sudut lancip adalah sudut yang memiliki ukuran kurang dari 90 derajat. Sudut tumpul adalah sudut yang memiliki ukuran lebih dari 90 derajat tetapi kurang dari 180 derajat. Sudut siku-siku adalah sudut yang memiliki ukuran tepat 90 derajat. Sudut-sudut ini merupakan konsep dasar dalam matematika dan sering digunakan dalam mengukur dan membandingkan sudut-sudut dalam segitiga, persegi, dan bentuk geometri lainnya.