Categories

Apa pengertian dari kata baku?

Apa pengertian dari kata baku?

Pengertian dari kata baku adalah bentuk atau ragam bahasa yang dianggap sebagai bentuk yang benar atau resmi dalam suatu bahasa, baik dalam ejaan, tata cara, maupun penggunaan kata dan ungkapan.

Penjelasan dan Jawaban

Pengertian dari kata baku merujuk pada bentuk pengucapan kata atau kosakata yang sudah ditentukan dan diterima oleh lembaga resmi, seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Bentuk baku ini biasanya digunakan dalam penulisan formal dan resmi.

Dalam Bahasa Indonesia, perubahan bentuk tak baku biasanya dapat terjadi pada kata-kata pinjaman dari bahasa asing, kata-kata yang menggunakan ejaan lama, penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca, dll.

Ketika menggunakan bahasa yang baku, penting untuk memperhatikan penggunaan ejaan, tata bahasa, serta aturan-aturan yang berlaku. Penggunaan kata baku dalam penulisan formal akan memberikan kesan yang lebih jelas, baik, dan terpercaya.

Kesimpulan

Dalam Bahasa Indonesia, pengertian kata baku merujuk pada bentuk pengucapan yang sudah ditetapkan dan diterima oleh lembaga resmi. Bentuk baku ini digunakan dalam penulisan formal dan resmi. Ketika menggunakan bahasa baku, perhatikan ejaan, tata bahasa, dan aturan-aturan yang berlaku agar tulisan terlihat lebih jelas, baik, dan terpercaya.