Categories

Apa pengertian dari verbiter dan morfem dalam Bahasa Indonesia?

Apa pengertian dari verbiter dan morfem dalam Bahasa Indonesia?

Pengertian dari verbiter dalam Bahasa Indonesia adalah kata kerja dalam bentuk dasar yang tidak mengalami perubahan bentuk. Sedangkan morfem adalah satuan kecil pembentuk kata yang memiliki makna tetap.

Penjelasan dan Jawaban

Pengertian dari verbiter dalam Bahasa Indonesia adalah kata yang menjelaskan tindakan atau kegiatan yang dilakukan oleh pelaku dalam suatu kalimat. Verbiter juga dapat disebut sebagai kata kerja. Contohnya adalah kata “makan”, “berlari”, atau “membaca”. Verbiter ini juga dapat berubah bentuk tergantung pada keterangan waktu, subjek, atau objek dalam kalimat.

Sedangkan pengertian morfem dalam Bahasa Indonesia adalah satuan terkecil dalam pembentukan kata. Morfem dapat berupa akar kata (root), imbuhan (affiks), atau perubahan dalam bentuk kata. Morfem memiliki fungsi untuk memberikan makna kepada kata. Contohnya, dalam kata “bermain”, “ber-” adalah morfem awalan yang menunjukkan tindakan sedangkan “-main” adalah morfem akhiran yang menunjukkan kata benda yang dilakukan. Sedangkan dalam kata “pencuri”, “pen-” adalah morfem awalan yang menunjukkan pelaku sedangkan “-curi” adalah morfem akhiran yang memberikan makna “mencuri”.