Categories

Apa perbedaan antara diftong dan vokal tunggal?

Apa perbedaan antara diftong dan vokal tunggal?

Dalam bahasa, terdapat dua tipe suara yaitu diftong dan vokal tunggal. Diftong terdiri dari dua suara yang digabungkan, sedangkan vokal tunggal hanya terdiri dari satu suara. Perbedaan ini mempengaruhi pengucapan dan pelafalan kata-kata dalam bahasa Indonesia. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut!

Penjelasan dan Jawaban

Diftong dan vokal tunggal adalah kedua jenis bunyi vokal dalam bahasa Indonesia. Perbedaan antara keduanya terletak pada jumlah suara vokal yang terdapat dalam suatu suku kata.

Diftong

Diftong adalah gabungan dari dua bunyi vokal yang terdapat dalam satu suku kata. Ada dua macam diftong dalam bahasa Indonesia, yaitu diftong-satu (au, ai, oi) dan diftong-dua (eu, ia, io, ua, ui). Contoh kata-kata dengan diftong adalah “raus” (ra-us), “laut” (lau-at), “sauh” (sau-uh), “cerita” (ce-ri-ta), “radio” (ra-di-o), dan sebagainya.

Vokal Tunggal

Vokal tunggal adalah bunyi vokal tunggal yang terdapat dalam satu suku kata. Ada enam bunyi vokal tunggal dalam bahasa Indonesia, yaitu a, e, i, o, u, dan vocal schwa (Ə). Contoh kata-kata dengan vokal tunggal adalah “rumah” (ru-mah), “beli” (be-li), “mobil” (mo-bil), “tulis” (tu-lis), “asal” (a-sal), dan sebagainya.

Kesimpulan

Dalam bahasa Indonesia, diftong adalah gabungan dua bunyi vokal dalam satu suku kata, sedangkan vokal tunggal adalah bunyi vokal tunggal dalam satu suku kata. Dengan kata lain, perbedaannya terletak pada jumlah bunyi vokal yang terdapat dalam suatu suku kata.