Categories

Apa tugas dan fungsi mahkamah konstitusi di Indonesia?

Apa tugas dan fungsi mahkamah konstitusi di Indonesia?

Penjelasan dan Jawaban

Mahkamah Konstitusi (MK) adalah lembaga peradilan yang memiliki tugas dan fungsi untuk menjaga konstitusi dan menafsirkan Undang-Undang Dasar 1945 di Indonesia. Berikut penjelasan mengenai tugas dan fungsi MK di Indonesia.

Tugas Mahkamah Konstitusi

1. Mengadili sengketa hasil Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

2. Memeriksa dan memutus perkara perselisihan hasil pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota.

3. Menerima dan memeriksa pengujian undang-undang yang diajukan oleh lembaga legislatif, presiden, dan/atau lembaga negara lainnya.

4. Menerima dan memeriksa pengujian peraturan perundang-undangan yang diatur dalam undang-undang.

5. Mengadili sengketa tentang pembubaran partai politik.

Fungsi Mahkamah Konstitusi

1. Fungsi judicial review, yaitu menguji dan memutuskan apakah suatu undang-undang atau aturan perundang-undangan bertentangan atau sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Fungsi penegakan hukum, yaitu menjaga kepastian hukum dan menjamin keadilan dalam negara hukum.

3. Fungsi politik, yaitu menciptakan keseimbangan antara kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif serta menjaga konsistensi pelaksanaan konstitusi.

Kesimpulan

Dengan demikian, tugas dan fungsi Mahkamah Konstitusi di Indonesia sangat penting dalam menjaga konstitusi dan menegakkan keadilan hukum. Melalui tugasnya, MK berperan dalam memelihara stabilitas politik dan keadilan negara.

Sebagai lembaga peradilan konstitusi, MK memiliki peran yang krusial dalam menjamin keberlangsungan demokrasi dan menjaga keseimbangan antara kekuasaan di negara. Selain itu, MK juga turut berperan dalam menafsirkan konstitusi sebagai dasar dari penyelenggaraan negara dan perlindungan hak asasi manusia di Indonesia.