Categories

Apa yang dimaksud dengan cahaya polarisasi?

Apa yang dimaksud dengan cahaya polarisasi?

Cahaya polarisasi adalah cahaya yang memiliki arah getar yang terdefinisi dengan jelas, dengan hanya getaran dalam satu bidang tertentu. Konsep ini muncul dalam fisika cahaya dan telah menemukan berbagai aplikasi di berbagai bidang, termasuk fotografi, optik, dan elektronika.

Penjelasan dan Jawaban

Cahaya polarisasi adalah cahaya yang memiliki getaran arah getarnya hanya terjadi dalam satu bidang. Cahaya polarisasi dapat terjadi jika cahaya tersebut melewati bahan yang mampu menyebabkannya. Cahaya yang polarisasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu cahaya polarisasi linier dan cahaya polarisasi sirkular.

Cahaya Polarisasi Linier

Cahaya polarisasi linier adalah cahaya polarisasi yang getarannya hanya terjadi dalam satu bidang lurus dengan arah propagasinya. Cahaya ini dapat dihasilkan melalui dua cara, yaitu polarisasi oleh jendela Brewster dan polarisasi oleh polaroid.

  • Polarisasi oleh jendela Brewster: Cahaya yang datang ke permukaan material transparan antara dua medium berbeda akan mengalami pemantulan sebagian dan pemindahan sebagian lainnya. Cahaya yang dipantulkan arah getarnya sejajar dengan bidang datar permukaan, sedangkan cahaya yang dipindahkan arah getarnya tegak lurus dengan bidang datar permukaan. Artinya, cahaya yang dipindahkan menjadi cahaya polarisasi linier.
  • Polarisasi oleh polaroid: Polaroid adalah alat yang dapat digunakan untuk memfilter cahaya polarisasi. Di dalam polaroid terdapat bahan yang molekul-molekulnya disusun secara teratur, sehingga hanya getaran cahaya dalam satu arah tertentu yang dapat melewatinya.

Cahaya Polarisasi Sirkular

Cahaya polarisasi sirkular adalah cahaya polarisasi yang getarannya terjadi dalam satu bidang dengan arah propagasi yang berputar secara beraturan. Cahaya ini dapat dihasilkan melalui dua cara, yaitu polarisasi oleh polaroid berlapis dan polarisasi oleh celah-kunci.

  • Polarisasi oleh polaroid berlapis: Terdapat polaroid berlapis yang dapat merubah cahaya polarisasi linier menjadi cahaya polarisasi sirkular dengan memanfaatkan perbedaan kecepatan getaran cahaya pada karakteristik polaroid berlapis.
  • Polarisasi oleh celah-kunci: Pada polarisasi ini, cahaya polarisasi linier dialirkan melalui celah polarisasi yang bisa dibuka-tutup secara berulang. Setiap kali celah dibuka, getaran cahaya pada celah akan mengalami pergeseran arah yang merata sehingga akan menghasilkan cahaya polarisasi sirkular.

Kesimpulan

Dalam fisika, cahaya polarisasi merujuk pada cahaya yang getarannya hanya terjadi dalam satu bidang. Terdapat dua jenis cahaya polarisasi, yaitu cahaya polarisasi linier dan cahaya polarisasi sirkular. Cahaya polarisasi linier memiliki getaran yang lurus dengan arah propagasi, sedangkan cahaya polarisasi sirkular memiliki getaran yang berputar secara beraturan. Polarisasi cahaya dapat diperoleh melalui penggunaan alat seperti jendela Brewster, polaroid, polaroid berlapis, dan celah-kunci.