Categories

Apa yang dimaksud dengan gaya jarum kompas?

Apa yang dimaksud dengan gaya jarum kompas?

Apa yang dimaksud dengan gaya jarum kompas? Gaya jarum kompas adalah fenomena fisika di mana sebuah jarum kompas yang terbuat dari bahan yang dapat dipengaruhi oleh medan magnet akan terorientasi sejajar dengan medan magnet yang ada di sekitarnya. Hal ini memungkinkan jarum kompas digunakan sebagai alat navigasi untuk menentukan arah utara-selatan.

Penjelasan dan Jawaban

Gaya jarum kompas adalah gaya yang bekerja pada jarum magnetik pada sebuah kompas. Jarum kompas memiliki sifat bahwa salah satu ujungnya menunjuk kearah kutub utara magnet bumi dan ujung yang lain menunjuk kearah kutub selatan magnet bumi. Gaya yang membuat jarum tersebut selalu menunjuk kearah utara dan selatan ini disebut gaya jarum kompas.

Prinsip kerja dari gaya jarum kompas berdasarkan prinsip magnet pada bumi. Bumi memiliki medan magnet yang mengitarinya dan memiliki dua kutub magnet, yaitu utara dan selatan. Ketika kita menggantungkan sebuah jarum magnetik (yang biasa digunakan dalam kompas) dengan sumbu yang horizontal dan bebas bergerak, jarum tersebut akan menuju arah sumbu utara-selatan. Hal ini terjadi karena jarum tersebut terpengaruh oleh gaya magnet yang timbul dari medan magnet bumi. Sehingga, posisi jarum kompas selalu bergerak mengikuti arah medan magnet bumi, yang pada umumnya (-) arah sumbu utara-selatan.

Kesimpulan

Gaya jarum kompas adalah gaya yang bekerja pada jarum magnetik pada sebuah kompas. Gaya ini membuat jarum kompas selalu menunjuk ke arah kutub utara dan selatan bumi. Prinsip kerja gaya jarum kompas adalah karena pengaruh medan magnet bumi yang menarik jarum kompas menuju arah sumbu utara-selatan.