Categories

Apa yang dimaksud dengan gelombang longitudinal?

Apa yang dimaksud dengan gelombang longitudinal?

Gelombang longitudinal adalah jenis gelombang mekanik yang merambat dengan goyangan partikel yang sejajar dengan arah perambatan gelombang itu sendiri. Gelombang ini terbentuk ketika molekul atau partikel di dalam medium bergerak ke depan dan ke belakang sejalan dengan arah perambatan gelombang.

Penjelasan dan Jawaban

Gelombang longitudinal adalah gelombang yang merambat melalui suatu medium dengan arah getar partikel-partikel medium yang sejajar dengan arah perambatannya. Dalam gelombang longitudinal, partikel-partikel medium bergerak bolak-balik sejalan dengan arah perambatan gelombang sehingga terjadi penyebaran dan pemadatan partikel-partikel medium tersebut.

Gelombang longitudinal dapat terjadi pada berbagai medium, seperti udara, air, atau padat. Contoh pengamatan gelombang longitudinal adalah gelombang suara yang merambat melalui udara. Ketika seseorang berbicara, getaran suara yang dihasilkan akan menggerakkan partikel-partikel udara secara longitudinal dan menjadikan partikel-partikel tersebut bergerak ke depan dan ke belakang. Inilah yang membuat suara dapat terdengar oleh telinga manusia atau alat pendengar lainnya.

Kesimpulan

Gelombang longitudinal adalah gelombang yang merambat melalui suatu medium dengan getar partikel-partikel medium sejajar dengan arah perambatannya. Partikel-partikel medium akan bergerak bolak-balik paralel dengan arah perambatan gelombang. Gelombang longitudinal dapat terjadi pada udara, air, atau benda padat. Suara adalah contoh gelombang longitudinal yang merambat melalui udara.