Categories

Apa yang dimaksud dengan gerakan harian bumi dan musim?

Apa yang dimaksud dengan gerakan harian bumi dan musim?

Gerakan harian bumi adalah rotasi bumi pada sumbunya yang menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam. Sementara itu, musim merupakan fenomena perubahan cuaca yang diakibatkan oleh gerakan tahunan bumi mengelilingi matahari. Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara lebih mendalam mengenai makna dan pengaruh dari kedua gerakan ini terhadap kehidupan di bumi.

Penjelasan dan Jawaban

Gerakan harian bumi adalah gerakan rotasi bumi pada porosnya yang mengakibatkan munculnya siang dan malam. Bumi berputar dari barat ke timur, sehingga dalam 24 jam lengkap, kita mengalami pergantian antara siang dan malam. Rotasi bumi ini memakan waktu sekitar 23 jam 56 menit, yang secara kasar dibulatkan menjadi 24 jam.

Musim adalah perubahan cuaca dan iklim yang terjadi secara periodik dalam satu tahun. Perubahan musim disebabkan oleh gerakan revolusi bumi mengelilingi matahari. Bumi bergerak dalam lintasan elips yang disebut orbit, dan membutuhkan waktu sekitar 365,25 hari untuk satu revolusi penuh. Akibatnya, kita mengalami perubahan musim yang dapat dibagi menjadi empat: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Kesimpulan

Gerakan harian bumi adalah gerakan rotasi bumi pada porosnya yang menyebabkan pergantian antara siang dan malam dalam 24 jam. Sementara itu, musim adalah perubahan cuaca dan iklim yang disebabkan oleh gerakan revolusi bumi mengelilingi matahari dalam waktu sekitar 365,25 hari.