Categories

Apa yang dimaksud dengan hidrologi dan siklus hidrologi?

Apa yang dimaksud dengan hidrologi dan siklus hidrologi?

Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang air di Bumi, termasuk siklus hidrologi yang merupakan perjalanan air dari atmosfer ke permukaan Bumi, kemudian kembali ke atmosfer melalui proses penguapan, kondensasi, presipitasi, dan aliran air melalui sungai, danau, serta tanah.

Penjelasan dan Jawaban

Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang air di bumi, termasuk asal-usulnya, distribusinya, perubahan fisik dan kimianya, dan interaksi dengan lingkungan. Hidrologi juga mempelajari siklus hidrologi, yaitu pergerakan air di dalam, di atas, dan di bawah permukaan bumi.

Siklus hidrologi adalah proses alami di mana air bergerak melalui beberapa tahap. Siklus ini dimulai ketika sinar matahari memanaskan permukaan bumi dan menguapkan air dari laut, sungai, dan danau. Uap air kemudian naik ke atmosfer dan membentuk awan. Ketika uap air dingin, terjadi kondensasi dan awan menjadi lebih berat hingga terjadi presipitasi. Presipitasi dapat berupa hujan, salju, atau hujan es, dan jatuh ke permukaan bumi. Air yang jatuh ini kemudian mengalir ke sungai, danau, atau sumur air tanah, atau terserap oleh tanah. Selanjutnya, air yang mengalir atau tersimpan ini akan terus bergerak kembali menuju laut melalui sungai dan saluran air, dan siklus ini akan berulang lagi.